1.Squash
And Stretch
Squash and Stretch ini adalah sebuah prinsip yang digunakan untuk
membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda. Pada dasarnya, ketika
sebuah benda yang permukaannya empuk, saat menghantam benda lain dengan keras
akan berubah bentuknya sementara sebelum akhirnya bisa kembali lagi ke bentuk
semula. Beda dengan benda yang permukaannya keras, ketika menghantam benda
lain, bentuknya tetap dan tidak berubah.
2.Anticipation
Anticipation adalah sebuah
prinsip animasi dimana kita sebagai animator memberikan tanda pada
penontonmengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter.
3.Staging
Staging adalah sebuah
penampilan di panggung yang mana kita sebagai directornya harus memastikan
bahwa ide cerita dari setiap detail penampilan harus tersampaikan dengan
sempurna pada para penonton. Hal ini berarti kita harus memastikan bahwa setiap
gerakan, ekspresi, dan mood dari si karakter harus terlihat jelas dan tidak
disalahartikan.
4. Straight
Ahead And Pose to Pose
Ø Straight Ahead
Action, yaitu membuat animasi
dengan cara seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame,
dari awal sampai selesai seorang diri.
Ø Pose to Pose, yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator
dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja,
selanjutnya in-between atau interval antar keyframe digambar/ dilanjutkan oleh
asisten/ animator lain.
5.
Follow Through And Overlapping Action
v Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap
bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak.
v Overlapping action secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan
saling-silang. Maksudnya, adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului
(overlapping).
6.Slow
In And Slow Out
• Slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat
kemudian menjadi cepat.
• Slow out terjadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat
kemudian melambat.
7. Archs
Archs dalam
animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup
lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya).
8.
Secondary Action
Secondary action adalah prinsip dimana ada gerakan sekunder yang
terjadi akibat adanya gerakan utama.
9. Timing
Timing menentukan
berapa gambar yang harus kita buat di antara 2 pose atau yang biasa kita sebut
dengan istilah in-between.
10.
Appeal
Appeal adalah tentang bagaimana
kita membuat karakter kita menjadi menarik dan tidak selalu harus yang lucu
seperti yang banyak orang pikirkan.
11.
Exaggeration
Exaggeration adalah upaya untuk
mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat
hiperbolis. Dibuat untuk menampilkan ekstrimitas ekspresi tertentu, dan
lazimnya dibuat secara komedik.
12. Solid
Drawing
Solid Drawing adalah kemampuan untuk menggambar karakter dalam
berbagai angle sehingga karakter tersebut terlihat bervolume dan konsisten
dalam setiap frame animasi.
Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua khususnya di SMKN 1 CARIU
SMK BISA
0 komentar:
Posting Komentar